MODUL PEMBELAJARAN IPA / SD / III / 2 / F / 4
(Bagian)
BAGIAN II : PETUNJUK KEGIATAN PEBELAJAR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Unit Pembelajaran : F. Cara memelihara dan melestarikan alam
Topik Pembelajaran : F.4 Cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 35 menit)
Oleh :
Nuri Kurniawati
107151453258
B / 2007
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRA-SEKOLAH
PRODI PGSD
Malang, 2008
BAGIAN II : PETUNJUK KEGIATAN PEBELAJAR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Unit Pembelajaran : F. Cara memelihara dan melestarikan alam
Topik Pembelajaran : F.4 Cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 35 menit)
A. Petunjuk Umum
Anak-anak yang akan menggunakan modul ini, perlu kalian ketahui bahwa modul ini merupakan modul pembelajaran bagian. Modul ini berisi salah satu bagian/materi dari mata pelajaran IPA yaitu tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Sehingga apabila anak-anak akan belajar tentang topik tersebut dapat menggunakan modul ini.
Topik pembelajaran dalam modul ini dapat memudahkan kalian dalam mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Topik pembelajaran tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar ini berkaitan dengan topik kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia yang sudah kalian pelajari sebelumnya. Agar anak-anak bisa memahami topik ini maka kalian harus membaca buku dan mengkaji isinya serta mengamati lingkungan sekitar.
B. Petunjuk Khusus
1. Tujuan Pembelajaran
Anak-anak, setelah memahami bagian pembelajaran ini diharapkan kalian mampu:
a. Menjelaskan pengertian dan menyebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
b. Menjelaskan manfaat sumber daya alam setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
c. Menyebutkan 3 nama benda, bahan dan asal sumber bahan setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
d. Menjelaskan cara manusia memperoleh bahan dari alam setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
e. Menemutunjukan gambar lingkungan yang baik dan lingkungan yang rusak setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
f. Menyebutkan 3 cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam serta 3 perilaku yang merusak lingkungan setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
g. Menjelaskan perlunya manusia memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
2. Isi dan kegiatan pembelajaran
Anak-anak, bagian ini berisi tentang ringkasan isi pembelajaran dan kegiatan yang harus kalian lakukan.
Anak-anak bacalah teks berikut dengan teliti!
Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam
Kebutuhan hidup kita sebagian besar disediakan oleh alam. Bahan-bahan alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sumber daya alam. Sumber daya alam itu meliputi tumbuhan, hewan, bahan tambang. Tumbuhan dan hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan pakaian, sedangkan bahan tambang dapat dimanfaatkan untuk pehiasan. Sumber daya alam tersebut diperoleh manusia dengan cara bertani, beternak, dan menambang. Jika kita megambilnya secara terus-menerus lama-kelamaan akan habis. Hal ini dapat disikapi dengan mengelolanya agar sumber daya alam dapat terus dimanfaatkan.
Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan tidak dapat diperbaharuhi. Sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi adalah sumber daya alam yang apabila habis bisa diperbaiki lagi, misalnya tumbuhan, hewan, air. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuhi adalah sumber daya alam yang apabila habis tidak dapat dapat diperbaiki lagi, misalnya batu bara, emas, minyak bumi.. Oleh karena itu manusia harus bisa memelihara dan melestarikan sumber daya alam tersebut dengan cara menanami tanah yang gundul dengan tanaman hijau,tidak membuang sampah di sungai, dan melindungi dan menjaga kehidupan hewan di hutan. Manusia juga harus menghindari perilaku yang merusak lingkungan, misalnya menebang pohon secara liar, menangkap ikan dengan bahan peledak dan membuang sampah di sungai. Jadi manusia perlu memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar agar tidak mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.
Setelah kalian membaca teks tentang memelihara dan melestarikan lingkungan tersebut, dan agar kalian lebih memahami dan mengerti materi tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan lingkungan,maka kalian ikutilah kegiatan-kegiatan di bawah ini:
a. Bacalah buku paket IPA kelas III semester 2, karangan:
· Sri Lestari dkk halaman 115-122
· Haryanto halaman 182-188
Kalian sudah melakukan pembelajaran tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar kemudian lakukanlah pengamatan lingkungan sekitar tentang sumber daya alam yang ada dan cara manusia memelihara dan melestarikannya.
b. Amati benda-benda di sekitarmu! Buatlah daftar nama benda, bahan, dan asal sumbernya pada tabel di bawah ini!
No.
Nama Benda
Bahan
Asal Sumber Bahan
1.
2.
3.
4.
5.
Meja
Kayu jati
Hutan
c. - Amati gambar-gambar berikut!
- Berikan tanda V untuk perilaku benar dan tanda X untuk perilaku salah.
- Tuliskan pula dampak dari perilaku tersebut!
- Buatlah kesimpulan pengaruh hal-hal yang menyebabkan lingkungan menjadi baik atau rusak.
Penebangan hutan secara liar akan menyebabkan :
................................
Membuang sampah di sungai akan menyebabkan:
................................
Berburu hewan langka secara liar akan menyebabkan :
................................
Pengerukan pasir secara besar-besaran akan menyebabkan :
.................................
Penghijauan di pinggir jalan akan menyebabkan :
................................
Membersihkan sampah yang berserakan akan menyebabkan :
...............................
d. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1) Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi?
2) Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi!
3) Jelaskan manfaat sumber daya alam!
4) Sebutkan 3 nama benda, bahan dan asal sumber bahan!
5) Jelaskan cara manusia memperoleh bahan dari alam!
6) Sebutkan 3 cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam!
7) Sebutkan 3 perilaku yang merusak lingkungan!
8) Jelaskan perlunya manusia memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar!
(Bagian)
BAGIAN II : PETUNJUK KEGIATAN PEBELAJAR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Unit Pembelajaran : F. Cara memelihara dan melestarikan alam
Topik Pembelajaran : F.4 Cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 35 menit)
Oleh :
Nuri Kurniawati
107151453258
B / 2007
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRA-SEKOLAH
PRODI PGSD
Malang, 2008
BAGIAN II : PETUNJUK KEGIATAN PEBELAJAR
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Unit Pembelajaran : F. Cara memelihara dan melestarikan alam
Topik Pembelajaran : F.4 Cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
Kelas/Semester : III/2
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x 35 menit)
A. Petunjuk Umum
Anak-anak yang akan menggunakan modul ini, perlu kalian ketahui bahwa modul ini merupakan modul pembelajaran bagian. Modul ini berisi salah satu bagian/materi dari mata pelajaran IPA yaitu tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Sehingga apabila anak-anak akan belajar tentang topik tersebut dapat menggunakan modul ini.
Topik pembelajaran dalam modul ini dapat memudahkan kalian dalam mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar. Topik pembelajaran tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar ini berkaitan dengan topik kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia yang sudah kalian pelajari sebelumnya. Agar anak-anak bisa memahami topik ini maka kalian harus membaca buku dan mengkaji isinya serta mengamati lingkungan sekitar.
B. Petunjuk Khusus
1. Tujuan Pembelajaran
Anak-anak, setelah memahami bagian pembelajaran ini diharapkan kalian mampu:
a. Menjelaskan pengertian dan menyebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
b. Menjelaskan manfaat sumber daya alam setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
c. Menyebutkan 3 nama benda, bahan dan asal sumber bahan setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
d. Menjelaskan cara manusia memperoleh bahan dari alam setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
e. Menemutunjukan gambar lingkungan yang baik dan lingkungan yang rusak setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
f. Menyebutkan 3 cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam serta 3 perilaku yang merusak lingkungan setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
g. Menjelaskan perlunya manusia memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar setelah membaca buku dan mengamati lingkungan sekitar.
2. Isi dan kegiatan pembelajaran
Anak-anak, bagian ini berisi tentang ringkasan isi pembelajaran dan kegiatan yang harus kalian lakukan.
Anak-anak bacalah teks berikut dengan teliti!
Cara Memelihara Dan Melestarikan Alam
Kebutuhan hidup kita sebagian besar disediakan oleh alam. Bahan-bahan alam yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut sumber daya alam. Sumber daya alam itu meliputi tumbuhan, hewan, bahan tambang. Tumbuhan dan hewan dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan dan pakaian, sedangkan bahan tambang dapat dimanfaatkan untuk pehiasan. Sumber daya alam tersebut diperoleh manusia dengan cara bertani, beternak, dan menambang. Jika kita megambilnya secara terus-menerus lama-kelamaan akan habis. Hal ini dapat disikapi dengan mengelolanya agar sumber daya alam dapat terus dimanfaatkan.
Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi 2 yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan tidak dapat diperbaharuhi. Sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi adalah sumber daya alam yang apabila habis bisa diperbaiki lagi, misalnya tumbuhan, hewan, air. Sedangkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuhi adalah sumber daya alam yang apabila habis tidak dapat dapat diperbaiki lagi, misalnya batu bara, emas, minyak bumi.. Oleh karena itu manusia harus bisa memelihara dan melestarikan sumber daya alam tersebut dengan cara menanami tanah yang gundul dengan tanaman hijau,tidak membuang sampah di sungai, dan melindungi dan menjaga kehidupan hewan di hutan. Manusia juga harus menghindari perilaku yang merusak lingkungan, misalnya menebang pohon secara liar, menangkap ikan dengan bahan peledak dan membuang sampah di sungai. Jadi manusia perlu memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar agar tidak mengakibatkan terganggunya kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.
Setelah kalian membaca teks tentang memelihara dan melestarikan lingkungan tersebut, dan agar kalian lebih memahami dan mengerti materi tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan lingkungan,maka kalian ikutilah kegiatan-kegiatan di bawah ini:
a. Bacalah buku paket IPA kelas III semester 2, karangan:
· Sri Lestari dkk halaman 115-122
· Haryanto halaman 182-188
Kalian sudah melakukan pembelajaran tentang cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar kemudian lakukanlah pengamatan lingkungan sekitar tentang sumber daya alam yang ada dan cara manusia memelihara dan melestarikannya.
b. Amati benda-benda di sekitarmu! Buatlah daftar nama benda, bahan, dan asal sumbernya pada tabel di bawah ini!
No.
Nama Benda
Bahan
Asal Sumber Bahan
1.
2.
3.
4.
5.
Meja
Kayu jati
Hutan
c. - Amati gambar-gambar berikut!
- Berikan tanda V untuk perilaku benar dan tanda X untuk perilaku salah.
- Tuliskan pula dampak dari perilaku tersebut!
- Buatlah kesimpulan pengaruh hal-hal yang menyebabkan lingkungan menjadi baik atau rusak.
Penebangan hutan secara liar akan menyebabkan :
................................
Membuang sampah di sungai akan menyebabkan:
................................
Berburu hewan langka secara liar akan menyebabkan :
................................
Pengerukan pasir secara besar-besaran akan menyebabkan :
.................................
Penghijauan di pinggir jalan akan menyebabkan :
................................
Membersihkan sampah yang berserakan akan menyebabkan :
...............................
d. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!
1) Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi?
2) Sebutkan 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi dan sumber daya alam yang tida dapat diperbaharuhi!
3) Jelaskan manfaat sumber daya alam!
4) Sebutkan 3 nama benda, bahan dan asal sumber bahan!
5) Jelaskan cara manusia memperoleh bahan dari alam!
6) Sebutkan 3 cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam!
7) Sebutkan 3 perilaku yang merusak lingkungan!
8) Jelaskan perlunya manusia memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar!
0 komentar: