MODUL PEMBELAJARAN
00.24 | Author: CORPS BRIBU
BAGIAN 1 PETUNJUK PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Unit Pembelajaran : D. Konsep keliling dan
luas bangun datar sederhana dalam
pemecahan masalah
Topik Pembelajaran : 1. Luas dan keliling segitiga
dan jajargenjang
Kelas/Semester : IV/1
Alokasi Waktu : 7 Jam permingguPetunjuk Umum
Bapak ibu guru, pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar memerlukan alat yang dapat menyampaikan materi pelajaran dengan tepat. Salah satu alat yang dapat dipakai dalam menyampaikan materi adalah modul pembelajaran. Adapun posisi modul pembelajaran yang sedang bapak ibu baca saat ini adalah sebagai modul pembelajaran bagian karena modul ini hanya memuat satu bagian tertentu yaitu tentang eliling dan luas jajargenjang dan segitiga.
Dengan mempelajari keliling dan luas jajargenjang dan segitiga maka siswa diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga.

B. Petunjuk Khusus
Tujuan pembelajaran khusus dari penyusunan modul ini adalah agar siswa mampu:
1. Menemukan keliling segitiga setelah di jelaskan dan ditunjukkan cara menemukan keliling segitiga.
2. Menentukan keliling segitiga dengan menggunakan rumus keliling segitiga.
3. Menemukan rumus luas segitiga setelah dijelaskan dan ditunjukkan cara menemukan rumus luas segitiga.
4. Menemukan luas segitiga dengan menggunakan rumus luas segitiga
5. Menemukan keliling jajar genjang setelah dijelaskan dan ditunjukkan cara menemukan keliling jajargenjang.
6. Menentukan keliling jajar genjang dengan menggunakan rumus keliling, jajar genjang.
7. Menemukan rumus luas jajar genjang setelah dijelaskan dan ditunjukkan cara menemukan luas jajar genjang.
8. Menentukan luas jajar genjang dengan menggunakan rumus luas jajar genjang.
Pokok-pokok isi pembelajaran dalam modul ini adalah:
1. Keliling segitiga.
2. Keliling segitiga.
3. Rumus luas segitiga.
4. luas segitiga.
5. Keliling jajargenjang.
6. Keliling jajargenjang.
7. Rumus luas jajargenjang.
8. Rumus luas jajargenjang.
Kegiatan pembelajaran yang dapat bapak/ibu lakukan dalam rangka menunjang kelancaran kegiatan pembelajaran adalah:
1. Membimbing siswa untuk menemukan keliling segitiga.
2. Membimbing siswa rumus keliling segitiga.
3. Membimbing siswa menemukan luas segitiga.
4. Membimbing siswa menggunakan rumus luas segitiga.
5. Membimbing siswa menemukan keliling jajargenjang.
6. Membimbing siswa menggunakan rumus keliling jajargenjang.
7. Membimbing siswa menemukan luas jajargenjang.
8. Membimbing siswa menggunakan rumus luas jajargenjang.
Dalam modul pembelajaran ini juga disediakan kegiatan yang harus dilakukan oleh pebelajar, yaitu:
1. Menemukan keliling segitiga.
2. Menggunakan rumus keliling segitiga.
3. Menemukan luas segitiga.
4. Menggunakan rumus luas segitiga.
5. Menemukan keliling jajargenjang.
6. Menggunakan rumus keliling jajargenjang.
7. Menemukan luas jajargenjang.
8. Menggunakan rumus luas jajargenjang.
Guna menunjang kegiatan pembelajaran di atas maka bahan dan media yang dapat bapak ibu siapkan adalah:
1. Kertas berpetak.
2. Gunting
3. Tali
Sedangkan sumber belajar yang dapat dipergunakan sebagai kelengkapan dan kelancaran pembelajaran adalah:
Akhsin, Nur, dkk. Matematika Kelas 4 Sekolah Dasar. Klaten : Cempaka Putih. Hal 159.

Tim Bina Karya Guru. 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas IV. Jakarta : Erlangga. Hal 115 – 116.

Mansuri, Drs. 2005. Matematika. Surabaya : Duta Graha. Hal 84 – 85

Yuniarto. 2007. Cerdas Matematika. Bogor: CV Regina. Hal 117 – 118.

C. Penilaian
Dalam rangka mengetahui sejauhmana siswa memahami materi yang dipelajari, maka bapak ibu perlu melakukan penilaian. Prosedur tes yang digunakan adalah tes proses dan tes akhir. Sedangkan alat tes yang digunakan dalam kegiatan ini adalah LKS, soal, kunci jawaban.





|
This entry was posted on 00.24 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: